Sabtu, 04 Desember 2010

Spray Teh Hijau Efektif Cegah Kanker Kulit

Spray Teh Hijau Efektif Cegah Kanker Kulit
Oleh: Liana Garcia
Gaya Hidup - Rabu, 15 Juli 2009 | 04:09 WIB
INILAH.COM, Ohio - Bagi orang Asia, meminum teh hijau bukan hal asing. Khususnya bagi masyarakat di Jepang, Korea, dan Cina. Penelitian epidemiologi di Jepang menyatakan orang yang minum teh hijau secara rutin terhindar dari risiko terserang penyakit, terutama kanker.

Teh hijau mengandung zat kolektif disebut polyphenois yang memiliki efek antioksidan penghancur sel-sel kanker. Bila sebelumnya, para peneliti menganjurkan untuk mengkonsumsi teh ini dalam bentuk minuman, kini teh hijau yang dikemas dalam bentuk spray juga terbukti dapat melindungi kulit dari serangan kanker.

Penelitian terbaru menunjukan bahwa spray itu bisa mengurangi efek kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari.
Tim peneliti dari University Hospitals Case Medical Centre in Cleveland, Ohio, menemukan spray dari teh hijau bisa meningkatkan sistem kekebalan kulit dan membantu melawan efek sinar matahari yang membahayakan kulit.
Zat kimia anti-penyakit di dalam teh yang dikenal dengan polyphenols, diduga sebagai zat yang memberikan efek perlindungan bagi kulit.
Meskipun dengan pemakaian krim antimatahari bisa melindungi kulit, namun para peneliti meyakini bahwa teh juga dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel yang memicu munculnya kanker.
Riset yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Experimental Dermatology ini, mencampurkan ekstrak polyphenol yang berasal dari teh hijau dengan cairan berisi air dan zat-zat kimia lainnya. Campuran ini kemudian, disemprotkan ke sedikit bagian kulit dari 10 partisipan, sebelum bagian kulit tersebut terpapar sinar ultra violet.
Hasil riset menunjukkan kulit yang disemprotkan dengan cairan teh hijau lebih mampu menahan kerusakan sel-sel yang berkaitan dengan kanker kulit dibandingkan dengan kulit yang tidak disemprot.
Para peneliti juga mengungkapkan bahwa spray yang terbuat dari teh putih memiliki efek yang sama dalam melawan kanker kulit. [L1]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi disini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !
0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar